Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Uji Publik Reperda Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Desember 2021 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan melaksanakan uji publik rancangan peraturan daerah tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan, Selasa, 7 Desember 2021.

Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang membuka acara yang berlangsung di Aula BPKAD ini. Menurutnya, tahapan uji publik dalam proses penyusunan Perda merupakan salah satu tahapan penting dalam upaya penyempurnaan materi secara lebih substansial, dan bukan sekadar  formalitas belaka.

"Uji publik dimaksudkan untuk melihat persepsi dan ekspektasi awal masyarakat, khususnya para pihak berkepentingan terhadap rancangan daerah yang akan disahkan nantinya," kata Wabup Sunardi Litang.

Berbicara masalah pertanian, kata Wakil Bupati Sunardi Litang tidak terlepas dari lahan, dimana lahan merupakan faktor utama dalam pengembangan pertanian. Sebagai negara agraria, sektor pertanian menjadi salah satu tumpuan pembangunan nasional, khususnya dalam penyediaan pangan.

Pasokan pangan lokal menjadi tumpuan bagi penyediaan pangan nasional. Namun seiring ekonomi, serta peningkatan kebutuhan pangan menyebabkan upaya produksi pangan lokal semakin tidak mampu memenuhi tekanan pangan yang cukup tinggi.

"Selanjutnya pemerintah akan melakukan inporatas komoditas pangan. Dampak berikutnya adalah semakin besar anggaran pemerintah untuk pengadaan pangan impor atau terjadinya pengeluaran sumber daya kapital ke luar negeri," imbuh Wakil Bupati Sunardi Litang. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru