Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Komisi III Sebut Sektor Kesehatan di Kabupaten Gumas Perlu Perhatian

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Desember 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing menyebutkan sektor kesehatan di Kabupaten Gumas perlu perhatian dari pemerintah terutama Pemprov Kalteng.

Duwel mengatakan, pada saat melaksanakan reses belum lama ini, pihaknya mendapat aspirasi dari masyarakat yakni meminta agar puskesmas pembantu yang ada di Desa Hurung Burut diperbaiki.

"Puskesmas itu dibangun sejak tahun 2002 lalu, kini kondisinya mengalami rusak berat. Maka dari itu pemerintah diminta memperhatikan hal tersebut," ujar Duwel, Selasa, 7 Desember 2021.

Duwel menerangkan, keberadaan puskesmas pembantu yang ada tersebut sangat strategis dan sangat membantu masyarakat sekitar terlebih dalam pelayanan kesehatan. Oleh karenanya, instansi terkait kedepan dapat menindak lanjuti aspirasi itu.

Selain itu, ada juga aspirasi mengenai keluhan terkait dengan keberadaan pegawai tidak tetap (PTT) yang diangkat oleh Dinkes Kalteng sekitar 8 tahun lalu, nasibnya kini telah diberhentikan dengan alasan tidak adanya anggaran lagi.

"Keadaan demikian tentu memperparah dan akan berdampak pada pelayanan kesehatan terutama wilayah pelosok. Apalagi bahkan yang tidak ada fasilitas kesehatan, seperti di daerah Rungan Barat terlebih ditengah pandemi. Terkait masalah ini perlu ada solusi dari pemerintah," tuturnya.

Selanjutnya, untuk masalah program vaksinasi pihaknya juga menerima keluhan karena kurangnya pasokan khususnya di daerah Sepang Kota. Ia pun mengaharapkan pemerintah dapat menyalurkan vaksinasi ke wilayah itu demi untuk memenuhi kebutahan masyarakat.

Terlepas dari itu, di Desa Jalemu Raya masyarakat setempat mengaharapkan adanya bantuan tenaga medis atau perawat dari pemerintah untuk diberdayakan atau diperkerjakan di puskesmas pembantu yang ada di desa tersebut. (DONNY D/B-7)
 

Berita Terbaru