Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Dorong Organisasi Masyarakat Mandiri

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Desember 2021 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah mengharapkan dan mendorong organisasi di Kobar, dapat mewujudkan pendanaan secara mandiri dan jangan terlalu mengandalkan bantuan pihak eksternal, dan itu harus menjadi bagian dari misi setiap organisasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kobar Nurhidayah saat melakukan Silaturahim dengan organisasi masyarakat beserta unsur Forkopimda Kobar, Selasa 7 Desember 2021.

"Masih banyak lembaga kemasyarakatan yang hanya mengandalkan donasi dari pihak eksternal. Dengan kata lain, pendanaan banyak organisasi masyarakat sipil masih terbilang belum adaptif dengan perkembangan zaman. Maka ibu berharap, Ormas dapat mandiri untuk menjaga keberlangsungan ormasnya," katanya.

Bupati menerangkan bahwa yang harus dilakukan untuk pertama kali adalah menunjukkan transparansi dan akuntabilitas lembaga. Organisasi independen hendaknya aktif melaporkan rekam jejak dari kegiatan sebelumnya dan proaktif melaporkan progres programnya kepada pemerintah daerah.

"Tentu hal itu dilakukan guna membangun kepercayaan pemerintah terhadap lembaga, sekaligus meyakinkan mereka bahwa mendanai sebuah lembaga independen dan bermitra dengan lembaga tersebut tidaklah salah," ungkapnya.

Kemudian, lembaga independen hendaknya turut memberi solusi nyata dan praktis terhadap isu yang mereka angkat. Sebagai contoh dalam mewujudkan pembangunan di Kobar.

Pembinaan sumber daya manusia yang mumpuni, transparansi, dan akuntabilitas adalah segalanya dalam menyokong kelangsungan organisasi independen. Sumber daya manusia yang mumpuni dibutuhkan dalam menyebarluaskan dan mengimplementasikan program.

"Dengan kepercayaan, maka pemerintah tidak akan sungkan untuk membantu pendanaan yang sangat penting bagi organisasi independen, di samping penggalangan dana secara mandiri yang dilakukan sehari-hari," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru