Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angin Kencang dan Ombak Besar Rusak Rumah dan Gedung Walet di Pulang Pisau

  • Oleh Magang 3
  • 08 Desember 2021 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Angin kencang disertai ombak besar mengakibatkan bangunan rumah dan gedung walet warga di Desa Cemantan, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, banyak yang rusak.

Camat Kahayan Kuala H. Muhammad Daulai mengatakan, kejadian pada Selasa 7 Desember 2021. Angin kencang disertai ombak besar menyebabkan sejumlah bangunan milik warga rusak. 

Di antara bangunan yang rusak sebuah rumah dan sebuah gedung sarang burung walet.

“Karena angin kencang ini pak, menyebabkan ombak besar atau air laut pasang setinggi 4 meter. Jumlah Kepala Keluarga (KK) yang terdampak sebanyak 53 KK pak," ucap  H. Muhammad Daulai, Rabu, 8 Desember 2021.

Ia menjelaskan, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada Pemkab Pulang Pisau. Laporannya langsung direspon Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). 

“Alhamdulilah mereka sudah menanggapi laporan kami dengan seriaus pak, dan mereka minta kami untuk membuat surat secara tertulis dan itu sudah kami buat. Insya Allah dalam waktu dekat bantuan pun akan segera dikirimkan," ucapnya.

Walaupun begitu kondisi di Desa Cemantan saat ini kondusif. Hanya saja akibat bencana tersebut warga mengalami kerugian karena rusaknya bangunan.

Ia memaparkan, pihaknya juga sudah melakukan pendataan, apa-apa saja kerugian dari bencana tersebut. “Kita sudah sampaikan, apa-apa saja kerugian yang dialami masyarakat kita, dan untuk itu, kita menunggu saja kedatangan dari pihak kabupaten," tandasnya.

Tahun ini, kata dia, cuaca cukup ektrem. Sering angin kencang disertai ombak besar sehingga tambak masyarakat juga banyak yang rusak.

Pihaknya berharap ada upaya yang bisa dilakukan pemerintah, sehingga masyarakat tidak menjadi khawatir, ketika angin kencang dan disertai ombak besar. (MAGANG 3/B-5)

Berita Terbaru