Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kobar: Keberadaan Ormas Diharapkan Bisa Sinergi Membangun Daerah

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Desember 2021 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Keberadaan Organisasi Masyarakat atau Ormas di tengah masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat diharapkan dapat menjadi wadah penting untuk dapat bersinergi bersama pemerintah dalam mewujudkan pembangunan dan kemajuan daerah.

Harapan ini disampaikan Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman. Untuk itu Ormas yang ada di Kobar ini berkewajiban untuk mendaftar ke Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, untuk memberikan akses pemerintah daerah agar dapat mengetahui keberadaan ormas dan kegiatannya.

"Saya berharap semua ormas dan LSM dapat menyampaikan gagasannya untuk kebaikan pembangunan daerah, sebab inilah yang diharapkan dengan keberadaan Ormas di Kobar," kata Bambang Suherman seusai hadiri acara silaturahim bersama Ormas.

Kemudian dengan keberadaan Ormas yang legal dan berbahan hukum maka Pemda dalam hal ini Bupati Kobar juga menyatakan membuka diri untuk membantu pendanaan, apabila memang ormas tersebut secara legal dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Ke legalan sebuah Organisasi ini penting dan memang harus diikuti. Jadi kadang juga aneh, saya sering mendengar ada ormas tidak pernah dapat bantuan, lalu bagaimana bisa dapat bantuan sedangkan legalitasnya tidak ada dan juga laporan kegiatannya tidak ada," jelasnya.

Bambang berharap keberadaan Ormas yang legal betul - betul dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat dan juga dukung pembangunan daerah. Jadi tidak perlu mencolok dan terlalu eksis, tetapi keberadannya membawa hal positif.

"Silahkan buat program yang baik dan yang pasti berkaitan dengan program pembangunan untuk membangun daerah Kotawaringin Barat yang kita cintai ini," jelasnya.

Bambang menegaskan dan berpesan agar dicari bawahi, jangan sampai keberadaan ormas justru menyusahkan pemerintah daerah. Kemudian diharapkan setiap ormas saling mengisi.

"Jadikan Kesbangpol seperti Rumah Betang, rumah yang menjadi pondasi bagi ormas untuk menyatukan visi dan misi pemerintah daerah dan jangan saling melemahkan," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru