Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Pesisir Kotim Dambakan Pembangunan Jalan

  • Oleh ANTARA
  • 10 Desember 2021 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Rudianur mendorong pemerintah kabupaten konsisten melanjutkan pembangunan jalan di kawasan seberang hingga menjangkau pesisir yang menjadi dambaan masyarakat, agar pembangunan dan perekonomian masyarakat bisa meningkat.

"Kami mendorong infrastruktur dari Cempaka Mulia Timur hingga batas Katingan itu dituntaskan karena infrastruktur di Pulau Hanaut hampir tidak ada sama sekali. Jadi pembangunan sulit dilakukan karena biaya tinggi. Dua kali lipat biayanya karena harus melalui angkutan sungai," kata Rudianur di Sampit, Jumat.

Ada dua kecamatan di kawasan seberang yaitu Kecamatan Seranau dan Pulau Hanaut. Selama ini kecamatan ini terisolasi jalan darat karena terpisah oleh Sungai Mentaya padahal lokasinya berseberangan dengan pusat kota Sampit.

Sejak 2019 lalu pemerintah daerah membangun jalan dari Jembatan Cempaga di Desa Cempaka Mulia Timur untuk membuka isolasi. Jalan ini rencananya melintasi desa-desa di Kecamatan Seranau dan Pulau Hanaut hingga ke batas Pegatan Kabupaten Katingan.

Namun, keterbatasan anggaran membuat pembangunan jalan semula 53 kilometer baru terealisasi sekitar 37 kilometer. Sisanya, akses jalan darat belum terhubung, khususnya di Kecamatan Pulau Hanaut.

Rudianur berharap pembangunan jalan tersebut dilanjutkan hingga tuntas. Tentunya pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, namun harus diprioritaskan.

Dia berharap keterisolasian jalan darat bisa terbuka hingga ke Kecamatan Pulau Hanaut yang merupakan kawasan pesisir. Dampaknya nantinya dinilai sangat bagus terhadap perekonomian dan pariwisata pantai di kawasan itu.

"Makanya harus ada jalan dulu. Kami harap jalan itu sudah bisa dinikmati masyarakat pada 2022, minimal bisa fungsional. Ada 14 desa di Kecamatan Pulau Hanaut. Kalau jalan terbuka, saya yakin perekonomian di sana akan meningkat," ujar Rudianur.

Camat Pulau Hanaut Sufiansyah mengakui terbatasnya infrastruktur menjadi salah satu kendala dalam upaya percepatan pembangunan daerah dan kegiatan ekonomi masyarakat. Masyarakat setempat sangat berharap pembangunan jalan sampai ke desa mereka agar perekonomian semakin maju.

"Kami tentu sangat berharap pembangunan jalan itu segera terwujud. Kalau sudah ada jalan, masyarakat akan semakin mudah mengangkut dan memasarkan hasil pertanian dan perikanan sehingga pendapatan juga meningkat," demikian Sufiansyah.

ANTARA

Berita Terbaru