Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Verstappen Tercepat di FP1 GP Abu Dhabi

  • Oleh ANTARA
  • 10 Desember 2021 - 23:31 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Pebalap Red Bull Max Verstappen mengawali akhir pekan Grand Prix Abu Dhabi dengan catatan waktu tercepat di sesi latihan bebas pertama, Jumat 10 Desember 2021.

Verstappen, sempat mengeluh kemudinya tidak terpasang dengan baik, melibas trek 5,2km yang berlawanan arah jarum jam di Yas Marina itu dengan waktu terbaik 1:25,009 atau 0,196 detik lebih cepat dari pebalap Mercedes Valtteri Bottas yang finis posisi dua, sedangkan Lewis Hamilton di P3.

Hamilton sempat mendekati catatan waktu terbaik Verstappen, namun lap terbaiknya dibatalkan karena pebalap Inggris itu kedapatan melampaui batas trek. Upaya terbaik Hamilton menempatkanya di P3 dengan jarak 0,346 detik dari rival utamanya tesebut.

Setelah merampungkan 21 balapan, Verstappen dan Hamilton menuju seri penutup di Yas Marina dengan koleksi poin sama untuk bertarung menentukan siapa yang menjadi raja musim ini.

Meraih hattrick lewat kemenangan di Grand Prix Arab Saudi yang kacau balau, Hamilton telah menutup defisit delapan poin dari sang pebalap Red Bull dan akan berusaha menjaga momentumnya untuk mengukir sejarah menjadi pebalap pertama yang meraih delapan gelar juara dunia.

Sedangkan Verstappen akan berupaya menghentikan dominasi pebalap Mercedes dalam tujuh tahun terakhir dan meraih titel pertama dalam kariernya.

Apabila kedua pebalap gagal meraih poin di Abu Dhabi sehingga tetap memiliki poin sama, maka Verstappen akan menjadi juara dunia karena ia memiliki sembilan kemenangan, lebih banyak dari delapan yang diraih Hamilton musim ini.

Atau apabila Hamilton finis P9 dan Verstappen finis P10 dengan satu poin bonus untuk lap tercepat, maka sang pebalap Belanda lah yang akan menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

P10 untuk Hamilton pada saat Verstappen finis di luar zona poin namun dengan lap terbaik maka sang pebalap Inggris akan menjadi juara dunia untuk kedelapan kalinya, karena poin lap tercepat hanya diberikan kepada pebalap yang finis sepuluh besar.

Pada pertengahan pekan ini, FIA telah mengeluarkan peringatan keras terhadap pebalap yang melakukan tindakan tidak sportif dalam seri penutup musim nanti, termasuk penalti pengurangan poin. Sementara itu Sergio Perez finis P4 untuk Red Bull di depan pebalap AlphaTauri Yuki Tsunoda.

Juara dunia dua kali Fernando Alonso, yang sempat memuncaki catatan waktu, finis P6 untuk tim Alpine mengungguli Pierre Gasly dari tim AlphaTauri dan duet tim Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz. Sebastian Vettel melengkapi sepuluh besar dengan mobil Aston Martinnya.

Pebalap cadangan Williams Jack Aitken menggantikan George Russell di sesi latihan pembuka, lima bulan setelah mengalami patah tulang selangka dan retak ruas tulang belakang menyusul kecelakaan dalam balapan sportscar Spa 24 Hours di Belgia.

Ia finis P17 di depan rekan satu timnya, Nicholas Latifi. Kimi Raikkonen, yang akan pensiun setelah musim ini usai, finis P13 untuk Alfa Romeo.

Sesi latihan pertama berjalan minim kecelakaan dan di bawah terik matahari, sementara kualifikasi pada Sabtu akan digelar petang hari, seperti balapan pada Minggu setelah matahari terbenam waktu setempat, demikian Reuters.
 
ANTARA

Berita Terbaru