Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KUPS Taruna Mandiri Siap Panen Madu Kelulut

  • Oleh Magang 3
  • 13 Desember 2021 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Taruna Mandiri Budidaya Lebah Madu Kelulut, Desa Tanjung Taruna, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, saat ini sedang mempersiapkan panen madu kelulut.

Untuk panen saat ini belum bisa dilakukan secara menyeluruh. Dari 31 kotak lebah lebah kelulut, hanya 10 kotak yang siap dilakukan pemanenan. Akibat banjir dan memasuki musim penghujan, sehingga memperlambat hasil proses panen.

"Di sini ada 31 kotak lebah Kelulut, cuma untuk sekarang ini cuma 10 yang bisa dilakukan panen madunya. Apalagi sudah masuk musih hujan, jadi lebahnya sulit untuk cari makan," ucap Juni Ranan Baut, selaku Pengurus KUPS Madu Taruna Mandiri. 

Dia mengatakan, akibat musim banjir yang sempat melanda dibeberapa wilayah. Banyak mengakibatkan beberapa kotak lebah madu Kelulut juga ada yang tenggelam, dan itu yang memperlambat proses perkembangan lebah untuk menghasilkan madu.

"Ada 2 kotak yang hancur, jadi koloninya juga ikut mati. Sempat dipindahkan juga, tapi seharusnya mindahinnya malam, karena kondisi banjir kita terpaksa mindahinnya siang hari. Itu yang buat rusak sarangnya," ucapnya.

Dia mengharapkan panen kali ini bisa berhasil, meskipun hanya 10 kotak yang sudah siap. Kedepan KUPS Madu Taruna Mandiri ingin mengajak Lansia di sekitar untuk dipekerjakan membuat kemasan madu yang terbuat dari purun. (MAGANG 3/B-5)


 

Berita Terbaru