Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Hindu Kaharingan di Kotim Gelar Ritual Adat Mamapas Lewu, Manampung Sahur dan Magantung Sahur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Desember 2021 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat Hindu Kaharingan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menggelar Mamapas Lewu, Manampung Sahur dan Magantung Sahur di Balai Basarah Penyang Hatampung, Jalan Jendral Sudirman Km 2,7 Sampit.

Ritual yang digelar tersebut sebagai langkah dari doa mereka agar Kotim bisa terhindar dari marabahaya dan penyakit, termasuk Covid-19. 

"Saya membuka kegiatan tersebut, dan di sini juga digelar doa bersama lintas agama dengan harapan pandemi Covid-19 segera berakhir," ujar Bupati Kotim Halikinnor, Senin, 13 Desember 2021. 

Mamapas Lewu merupakan sebuah ritual yang bertujuan untuk membersihkan alam dan lingkungan hidup beserta segala isinya, dari berbagai sengketa, marabahaya, kesialan hingga wabah penyakit dan sebagainya. 

"Mengingat saat ini pandemi covid-19 masih melanda, maka lewat ritual Mamapas Lewu diharapkan wabah tersebut dapat berakhir. Sehingga kehidupan masyarakat dapat kembali normal dan perekonomian ikut membaik," kata Halikinnor. 

Ketua Majelis Hindu Kaharingan Kotim Rena mengatakan, kegiatan tersebut merupakan perwujudan tatanan kehidupan masyarakat Dayak. Terutama dalam berinteraksi dengan sesama, yang merupakan gambaran kehidupan Suku Dayak dalam menjalin persatuan dan kesatuan. 

"Sehingga lewat ritual rutin tahunan ini, dapat terjalin silaturahmi antar sesama warga, sebagai wujud dari kerukunan antar umat beragama," terang Rena. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru