Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Guru di Kotim Ingin Absensi Manual Lagi

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 13 Desember 2021 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah guru di Kotawaringin Timur, mengusulkan agar penerapan absensi  kembali manual. Pasalnya, para guru ini menilai absensi dalam jaringan atau online yang dilaksanakan saat ini ribet dan mempersulit mereka. 

"Saya merasa absensi online justru malah bikin rumit. Saya menyarankan agar kembali ke absensi manual saja," kata Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) PGRI 4 Sampit, Alwi, Senin, 13 Desember 2021. 

Keluhan tersebut disampaikan Alwi dalam acara syukuran Hari Ulang Tahun ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia, di sekretariat PGRI Kotim, di Jalan Achmad Yani Sampit.  Keluhan ini pun langsung ditanggapi Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Suparmadi. Suparmadi berjanji akan menindak lanjuti keluhan tersebut. 

"Kami akan tindak lanjuti. Tapi absensi tersebut telah berlaku semua bagi aparatur sipil negara (ASN). Jadi ini tidak hanya diberlakukan bagi guru berstatus ASN saja. Namun juga bagi ASN lainnya di kabupaten ini," katanya. 

Meski demikian, penerapan absensi online atau dalam jaringan saat ini jauh lebih baik dari awal penerapannya lalu. Sebab itu, dia berharap para guru khususnya yang ASN memaklumi serta menyikapinya dengan baik. 

"Sekarang sistem absensi kita jauh lebih baik. Siswa libur guru juga boleh libur. Kalau dulu tidak seperti itu," tandasnya. 

Seperti diketahui, adanya pandemi memaksa sejumlah sistem administrasi berubah. Salah satunya sistem absensi. Kini, para ASN diharuskan melaksanakan absensi secara online. Namun yang dikeluhkan para guru adalah penerapannya terlalu tanggung. Sebab, meski dilaksanakan secara online, mereka tetap harus hadir ke sekolah. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru