Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilik 6 Kg Sisik Trenggiling Mengaku Nekat Menjual karena Himpitan Ekonomi

  • Oleh Apriando
  • 13 Desember 2021 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kawi terdakwa pemilik sisik Trenggiling 6 kilogram mengakui perbuatannya. Meski tahu sisik Trenggiling dilarang untuk diperjualbelikan, ia nekat lantaran himpitan ekonomi dan tergiur keuntungan yang besar.

"Sisik Trenggiling tersebut adalah milik saya sudah dimiliki selama seminggu, didapatkan dari masyarakat sekitar," ucap terdakwa saat menjalani sidang pemeriksaan di PN Palangka Raya, Senin, 13 Desember 2021.

Kawi Mengungkapkan, sisik Trenggiling tersebut ia beli dari masyarakat sekitar seharga Rp 1 juta perkilogram.

"Karena tergiur nilai uangnya yang besar dan karena tuntutan ekonomi," ucap terdakwa saat ditanya oleh Jaksa Penuntut Umum.

Dalam surat dakwaan jaksa diketahui terdakwa Kawi ditangkap kepolisian pada 15 September 2021 saat berada di Jalan Pancasila, Kabupaten Kotawaringin Barat. Kala itu, ia sedang menunggu pembeli sisik Trenggiling.

Dari tangan terdakwa kepolisian berhasil mengamankan barang bukti berupa Sisik Trenggiling seberat Kurang lebih 6 kilogram.

Perkara berawal pada bulan Agustus 2021, Kawi menawarkan 1,3 kilogram sisik Trenggiling di forum jual beli media sosial Facebook.

Berselang beberapa hari terdakwa mendapatkan pesan dari seseorang yang tidak dikenal berniat membeli sisik Trenggiling tersebut dengan harga Rp 3.500.000.

Terdakwa kemudian sedikit demi sedikit mengumpulkan sisik Trenggiling yang didapatkan dari masyarakat kampung hingga mendapatkan kurang lebih 6 kilogram sisik Trenggiling.

Terdakwa kembali menghubungi orang yang ingin membeli sisik Trenggiling tersebut dan pembeli menyanggupi Rp 4.500.000 perkilogram. Kawi meminta pembeli untuk bertemu di Jalan Pancasila, hingga akhirnya saat menunggu pembeli datang ia dibekuk pihak kepolisian. (APRIANDO/B-7)

Berita Terbaru