Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Minta SOPD Melakukan Persiapkan Langkah Kegiatan 2022

  • Oleh Uriutu
  • 14 Desember 2021 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, meminta SOPD melakukan persiapan langkah kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2022.

"Hal tersebut agar kegiatan tidak tumpang tindih dan menumpuk di akhir tahun," kata Eddy Raya Samsuri saat penyerahan DIPA instansi vertikal dan alokasi transfer ke daerah serta dana desa tahun anggaran 2022, di aula  Setda, Selasa, 14 Desember 2021.

Adapun langkah-langkah tersebut yakni agar semua satuan kerja supaya segera memulai melaksanakan lelang proyek-proyek kegiatan pada 2022 lebih awal di bulan Desember, sehingga kegiatan dapat berjalan sejak Januari 2022 mendatang.

Begitu juga dengan belanja bantuan sosial dan bantuan pemerintah lainnya supaya disalurkan pada Januari 2022 dan hal itu agar belanja dan konsumsi masyarakat meningkat sehingga dapat menggerakan perekonomian seluruh lapisan masyarakat di daerah ini.

Ia juga mengingatkan kepada pengelola keuangan agar tetap menjaga akuntabilitas dan menerapkan prinsif-prinsif good governance dalam pengelolaan anggaran.

Hal itu agar kejadian-kejadian penyalahgunaan pin, password dan sebagainya yang merugikan keuangan negara dapat dihindari dan juga memastikan semua rupiah dari semua APBN/APBD harus betul-betul untuk kepentingan rakyat.

"Manfaatkan APBN/APBD secara cermat, efektif dan tepat sasaran. Lakukan reformasi bidang penganggaran. Kemudian aturan-aturan yang dapat menghambat serta persyaratan-persyaratan yang membebani dapat disederhanakan, supaya pelaksanaan anggaran dapat fleksibel di tengah situasi ketidakpastian ini," ucapnya.

Karena lanjut dia, fleksibilitas dalam penggunaan anggaran sangat penting dalam memecahkan masalah yang dihadapi rakyat, namun juga tetap dengan memperhatikan aspek-aspek transparansi dan akuntabilitasnya.

Di samping itu ia juga meminta kepada SOPD supaya dapat memaksimalkan penyaluran transfer ke daerah dan dana desa dengan segera melengkapi persyaratannya.

"Hindari dana mengendap terlalu lama di kas daerah dan segera salurkan serta belanjakan agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya," ucap dia.

Ia menyampaikan kepada kuasa pengguna anggaran supaya memperhatikan indikator pelaksanaan anggaran untuk pelaksanaan APBN yang berkualitas.

Berita Terbaru