Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemko Palangka Raya Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik

  • Oleh Hendri
  • 14 Desember 2021 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Tantawi Jauhari mengatakan, pentingnya pemerintah setempat untuk terus membangun peningkatan informasi publik yang menjadi salah satu bagian wajib pemerintah untuk masyarakat.

Implementasi penyelenggaraan layanan informasi publik yang dilakukan secara terbuka kepada masyarakat, maka secara tidak langsung menjunjung hak-hak masyarakat untuk mengetahui dan mengakses informasi terhadap semua bentuk kinerja pemerintahan.

“Intinya, apabila pemerintah kota maksimal dalam menerapkan keterbukaan informasi, maka dapat membangun kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintahan itu sendiri,” ungkapnya, Selasa 14 Desember 2021.

Lebih lanjut Legislator Partai Gerindra Kota Palangka Raya ini mengatakan, apabila suatu pemerintahan daerah mampu menjalankan keterbukaan informasi publik, maka akan berimplikasi positif terhadap perwujudan pemerintah yang clean government dan transparansi.

“Dengan begitu akan berimplikasi pula pada meningkatnya partisipasi masyarakat untuk turut serta dalam membangun daerah,” ujarnya.

Terlepas dari itu, Tantawi mengaku mengapresiasi, khususnya upaya dari Pemerintah Kota Palangka Raya dalam menjalankan keterbukaan informasi publik.

Pemko Palangka Raya sebelumnya pernah mendapat penghargaan atas keterbukaan informasi publik. Penghargaan ini harus mampu dipertahankan.

Upaya mempertahankan apa yang sudah dicapai tersebut  tidak lain bagaimana Pemerintah Kota Palangka Raya dapat melakukan evaluasi dan bisa menghadapi tantangan-tantangan di dalam proses kemajuan daerah.

“Terus evaluasi dengan apa yang sudah diraih walaupun itu sudah bagus, dan jika ada yang masih kurang maka itu harus diperbaiki,” pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru