Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

20 Angkatan Kerja di Barito Timur Ikuti Pelatihan Pengrajin Batako dan Paving Blok

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Desember 2021 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 20 orang angkatan kerja mengikuti pelatihan pengrajin batako dan paving blok yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perindustrian Kabupaten Barito Timur, Rabu, 15 Desember 2021.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga kerja, Transmigrasi dan Perindustrian, Darius Adrian mengatakan, dari tahun ke tahun angkatan kerja di Barito Timur semakin meningkat. Namun, peningkatan tersebut belum diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja formal, sehingga angka pengangguran terbuka maupun pengangguran terselubung semakin meningkat.

"Oleh karena itu penciptaan lapangan kerja baik formal maupun informal menjadi suatu keniscayaan. Angkatan kerja dituntut memiliki keterampilan maupun pengetahuan yang diperlukan pada pasar kerja maupun untuk menciptakan lapangan kerja mandiri," ujarnya Darius.

Pelatihan pengrajin batako dan paving blok merupakan salah satu wujud pelaksanaan pemberdayaan industri dan peran serta masyarakat dalam rangka mendukung pengembangan industri mikro, kecil dan menengah.

Dengan pelatihan itu, terang Darius, dapat memberikan bekal keterampilan kerja bagi angkatan kerja sebagai tenaga kerja terampil dalam bidang kerajinan batako dan paving blok.

"Pelatihan ini diperuntukan bagi angkatan kerja yang memiliki minat terhadap kerajinan batako dan paving blok. Mereka berasal dari beberapa desa di Kecamatan Dusun Timur," jelasnya.

Kepada instruktur pelatihan Darius berpesan agar dapat memberikan informasi serta berbagi pengalaman dalam pengelolaan kerajinan batako dan paving blok. Dia juga berharap instruktur dapat memberikan praktik yang aplikatif dan mudah dipahami oleh peserta.

"Untuk para peserta sekalian saya minta agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal kepada semua peserta," tandasnya.

Dalam pelatihan tersebut, setiap peserta juga mendapatkan stimulan berupa alat cetak batako kepada semua peserta dengan harapan dapat menjadi modal dasar dalam memulai usaha. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru