Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mobil Laboratorium PCR Diluncurkan Antisipasi Covid-19

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 Desember 2021 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Upaya untuk menekan penularan Covid-19 terus dilakukan di Kalimantan Tengah meskipun kasusnya sudah melandai. Beragam cara tetap dijalankan. Terbaru adalah dengan meluncurkan Mobil Laboratorium Polimerase Chain Reaction (PCR). 

Peluncuran mobil itu dilakukan oleh Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya, Kompol dr Anton Sudarto di halaman Paviliun Presisi RS Bhayangkara, Jalan H Ikap, Kota Palangka Raya, Rabu, 15 Desember 2021. 

Kompol dr Anton Sudarto mengatakan, mobil laboratorium PCR itu merupakan bentuk dukungan Polri melalui rumah sakit tersebut untuk penanganan Covid-19. Yakni dengan memberikan pelayanan laboratorium dan meningkatkan jumlah pemeriksaan spesimen Covid-19 melalui cakupan testing di wilayah Kalteng.

“Kegiatan peluncuran ini sebagai antisipasi dan implementasi transformasi operasional menuju Polri yang Presisi melalui Rumkit Bhayangkara Palangka Raya dalam penanganan Covid-19,” katanya.

Dia menuturkan, mobil tersebut telah dilengkapi fasilitas yang canggih. Salah satunya ruang negative pressure, mesin automatis extraksi RNA, test PCR dengan open system dan BIO Safety Cabinet Level 2.

Mobil itu, lanjut dia, juga dapat ditempatkan di daerah yang paling membutuhkan di seperti kabupaten-kota yang tidak memiliki fasilitas layanan kesehatan laboratorium PCR.

Dia berharap, diluncurkan mobil itu dapat memberikan kontribusi dalam menuntaskan pandemi Covid-19. Di sisi lain, dia juga mengingatkan untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan mendukung suksesnya vaksinasi. (BUDI YULIANTO)

Berita Terbaru