Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beruang Mangsa Puluhan Bebek, Tapi Cuma Bagian Ini yang Dimakan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 16 Desember 2021 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Beruang madu yang berkeliaran di Jalan Lingkar Kota Selatan, Sampit, Kotawaringin Timur telah berhasil memangsa hewan ternak milik warga setempat. Warga melaporkan bahwa sudah puluhan ekor bebek dibunuh dan diambil organ dalamnya. 

"Sudah memakan puluhan bebek milik warga. Organ dalam seperti hati dan jantung yang dimakan. Daging tidak dimakan," ungkap Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Kamis 16 Desember 2021. 

Kemunculan dan aksi beruang ini kian sporadis. Sebab pada kemunculan sebelum-sebelumnya di sejumlah titik beruang hanya merusak kebun nanas milik warga dengan memakan umbut dan buah nanas. 

Sejumlah fakta ini didapat petugas BKSDA setelah melakukan observasi terhadap laporan kemunculan beruang dari Petra, salah seorang warga. 

Petra melaporkan beruang berkeliaran di belakang rumahnya. Dalam beberapa hari belakangan. Bahkan dalam satu malam beruang muncul sebanyak 3 kali. 

"Diduga kuat beruang datang ke tempat Pak Petra karena di bagian belakang rumah, ada wajan bekas masakan selai nanas, belum dicuci," tambahnya. 

BKSDA mengimbau warga sekitar agar meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di luar rumah. Terutama saat hari gelap. Selain itu juga menghindari hal-hal yang mengundang kedatangan beruang. Seperti tidak membuang sampah sisa rumah tangga sembarangan, memberi penerangan yang cukup di kandang ternak. 

"Hendaknya juga sebelum keluar atau membuka rumah membuat suara gaduh misal memukul panci atau semacamnya ini agar membuat beruang takut. Dikhawatirkan saat membuka rumah beruang berada di dekat pintu," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru