Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Berupaya Susun Rencana Pembangunan Kepariwisataan di Gunung Mas

  • Oleh Magang 1
  • 17 Desember 2021 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerja sama dengan CV Enggang Pratama Consolindo menggelar rapat kegiatan Ekspos Laporan Draft Final paket pekerjaan Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Induk Pembangunan Kabupaten (RIPPARKAB), di ruang rapat lantai 1 kantor bupati, Jumat 17 Desember 2021.

“Tujuan kegiatan penyusunan RIPPARKAB tahun 2021-2035, adalah untuk melakukan identifikasi dan inventarisasi produk serta potensi pariwisata Kabupaten Gumas,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Gumas, Yansiterson.

Namun yang harus dilakukan dalam jangka pendek adalah terkait kajian yang dilakukan oleh konsultan, sehingga Kabupaten Gumas mempunyai dokumen rencana induk pembangunan kepariwisataan yang tertuang dalam peraturan daerah (perda).

Dia menuturkan, perda nantinya akan menentukan arah pembangunan kepariwisataan di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau, sampat 25 tahun ke depan.

“Tadi sudah disusun terkait per wilayah. Ada zonasinya, ada utara, ada timur, barat. Kemudian prioritasnya, prioritas satu dan dua, itu sudah terpetakan sedemikian rupa sampai ke objeknya dan programnya,” imbuhnya.

Pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Gumas bukan hanya dilakukan oleh Disbudpar saja. Tentu ada pilar pendukung yakni pilar infrastruktur. Tanpa itu, pembangunan kepariwisataan tidak akan akan berhasil dengan baik. (MAGANG/B-5)

Berita Terbaru