Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Seruyan Minta Ketersediaan Pangan Diperhatikan

  • Oleh ANTARA
  • 18 Desember 2021 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo meminta kepada instansi terkait agar terus memerhatikan ketersediaan pangan di daerah itu.

"Sebab, ketahanan pangan erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di Bumi Gawi Hantantiring ini," kata Zuli Eko saat dihubungi di Kuala Pembuang, Sabtu.

Jadi, lanjutnya, saya harap ketersediaan pangan di Seruyan ini tetap diperhatikan, karena hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyejahterakan masyarakat.

Menurut dia, dari potensi pertanian yang dimiliki, khususnya padi di Seruyan sangatl banyak. Namun, baik lahan maupun petani harus ada upaya memaksimalkan hasilnya, seperti peningkatan produksi hasil panen sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat dan kesejahteraan.

Ia mengatakan tujuannya agar ketersediaan pangan di Seruyan bisa terpenuhi setiap tahunnya, karena ketersediaan pangan merupakan hal yang sangat penting.

"Lebih baik kita antisipasi terlebih dahulu daripada setelah mengalami kekosongan baru melakukan upaya,” tegasnya.

Ia menyampaikan untuk mewujudkan hal tersebut, bukan suatu pekerjaan yang mudah dan harus melalui berbagai tahapan, serta diperlukan kerja sama dari semua pihak, termasuk para petani.

“Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk membenahi dan mewujudkan hal tersebut, di antaranya melakukan pemerataan hasil produksi pangan pada musim panen,” ungkapnya.

Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan pengawasan terhadap pangan yang beredar dan mengoptimalkan penyuluhan untuk memanfaatkan lahan pertanian kepada para petani yang ada di wilayah setempat.

Program pembangunan dan sinergi dalam pembangunan ketahanan pangan juga harus diperhatikan, yakni penyuluhan kepada para petani harus dioptimalkan dan ditingkatkan.

Berita Terbaru