Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Kemenag Kapuas Dorong Guru Madrasah Terus Tingkatkan Kemampuan Bidang Digital

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Desember 2021 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Kemenag Kapuas, Hamidhan mengatakan seorang guru madrasah selalu dituntut untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang digital.

Hamidhan menyampaikan hal tersebut pada kegiatan In House Training (IHT) pemantapan media pembelajaran di MTsN 1 Kapuas, dan mendorong guru terus meningkatkan kemampuan digital.

"Kegiatan IHT ini merupakan salah satu upaya tepat dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam bidang penguasaan TIK," katanya, Kamis, 23 Desember 2021.

Hamidhan membeberkan, sebagian  madrasah telah mengembangkan digitalisasi madrasah dalam beberapa  aspek informasi madrasah. Bahkan implementasi madrasah digital  menunjukkan perkembangan.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam sistem pendidikan nasional telah tercantum mengenai penggunaan teknologi informasi dan komputer (TIK) dalam pembelajaran, walaupun sampai saat ini implementasi TIK dalam sistem pendidikan nasional masih menghadapi banyak kendala. Mulai dari ketersediaan sarana prasarana dan kompetensi guru.

“Bahkan kebijakan, kurikulum, imprastruktur, serta kurangnya ahli dan kesenjangan kompetensi guru merupakan sesuatu kendala yang menuntut harus diselesaikan,” ucapnya.

Oleh karena itu, perlu adanya lagi TIK minded dalam pendidikan tumbuh seiring dengan semakin massifnya penggunaan teknologi  tersebut. 

Sebagai salah satu indikator sebagian besar guru-guru di madrasah terbiasa memanfaatkan TIK untuk kegiatan pembelajaran di kelas.

Hamidhan menambahkan penerapan  TIK bukan hanya pada ranah  pembelajaran namun juga pada ranah  tata kelola madrasah.

Diantaranya Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Ujian Madrasah Berstandar  Nasional (USBN), Sistem Informasi  Pendidik dan Tenaga Kependidikan  Kementerian Agama (SIMPATIKA) dan lainnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru