Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pantai Ujung Pandaran Mulai Diserbu Wisatawan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 26 Desember 2021 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat di Kotawaringin Timur dan sekitar tak ingin menyia-nyiakan lampu hijau dari pemerintah untuk melakukan kunjungan wisata. Salah satunya ke tempat wisata Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit. 

Berdatangan wisatawan ini sudah dimulai sejak Sabtu, 25 Desember 2021. Warga memanfaatkan momentum tanggal merah natal untuk berliburan. 

"Mumpung dibolehkan manfaatkan saja untuk mengisi waktu liburan," kata Nisa, salah seorang wisatawan dari Sampit, Minggu, 26, Desember 2021.  

Sejak pagi hari di sekitar kawasan wisata Pantai Ujung Pandaran terus didatangi pengunjung. Pengunjung ada yang datang dan arah Sampit dan dari kecamatan lain di luar kota. 

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur sebelumnya memastikan tetap membuka objek wisata selama masa libur natal dan tahun baru. Ini dimaksud untuk mendongkrak perekonomian daerah yang sempat terguncang akibat pandemi. 

“Momentum liburan ini perlu kita manfaatkan supaya ekonomi tetap bangkit dan terus berjalan,” kata Bupati Kotim, Halikinnor. 

Sektor pariwisata dinilai dapat diandalkan mendukung pemulihan ekonomi. Karena pariwisata merupakan sektor pengungkit dan mendorong geliat sektor perdagangan dan sektor pengolahan makanan, kerajinan, dan lain-lain. 

Salah satunya seperti kawasan wisata Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, yang setiap tahun di momentum yang sama sering terjadi pelonjakan pengunjung. Hal ini tentu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, khususnya pelaku usaha, baik itu usaha warung, jajanan khas, suvenir, dan lainnya, sehingga pergerakan ekonomi masyarakat di sana tetap bergairah.

“Kalau pengunjungnya banyak biasanya warung-warung akan buka, jadi harapan kami ekonomi tetap bergerak di tengah pandemi seperti sekarang ini,” ujarnya. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru