Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ternak Ayam Potong, Kerja Santai Untung Besar

  • Oleh Hendri
  • 26 Desember 2021 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ternak ayam broiler atau ayam potong merupakan salah satu bisnis yang cukup memiliki prospek cerah. Hampir setiap harinya permintaan pasar akan daging ayam sangatlah tinggi dan selalu stabil, maka dari itu bisnis ternak ayam potong mampu memberikan keuntungan besar.

Usaha jenis unggas yang satu ini juga bisa ditekuni semua kalangan, karena perawatannya yang cukup mudah namun memberikan keuntungan besar.

"Ternak ayam potong ini kerjanya santai tapi untungnya besar," ungkap Hendri salah satu peternak ayam broiler di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu 26 Desember 2021.

Meski begitu, untuk memulai usaha ini memang memerlukan modal yang nilainya tidak kecil. Salah satu modal utama adalah penyediaan tempat atau kandang harus pada lokasi yang tepat. Sebisa mungkin lokasi usaha ini jauh dari permukiman masyarakat.

"Pemilihan lokasi ternak ayam potong juga harus jauh dari keramaian untuk menghindari ayam-ayam ternak menjadi stres. Hal ini juga untuk menghindari bau yang dihasilkan dari kandang ayam ke perumahan warga," jelasnya.

Menurutnya, ternak ayam potong tidak semudah memelihara ayam kampung, karena jenis ayam potong mudah mengalami stres dan mati mendadak. Oleh karena itu, peternak harus memeliharanya dengan penuh perhatian dan perawatan yang maksimal.

"Selama 2 minggu pertama harus memperhatikan bibit ayam dengan saksama dan pastikan ayam-ayam tersebut merasa nyaman di dalam kandang atau tidak. Jika terlihat tidak nyaman maka harus mencari solusi yang tepat. Biasanya dengan memindahkan ayam pada sekat-sekat sesuai beratnya (Sortir)," bebernya.

"Bicara soal keuntungan sifatnya relatif, namun gambaran umum pada kandang kapasitas 5000 ekor mampu meraup untung sampai puluhan juta," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru