Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Kobar Banyak Terima Usulan Kapal dari Nelayan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 Desember 2021 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat yang berprofesi sebagai nelayan sangat banyak. Terkait itu, Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat, setiap tahunnya kerap mendapat banyak usulan kapal dari nelayan.

Usulan tersebut khususnya untuk masyarakat pesisir maupun yang dekat dengan aliran sungai (DAS), terutama yang menggantungkan hidupnya dari tangkapan ikan. Terbukti hasil tangkapan ikan nelayan Kobar hasilnya juga melimpah.

Kepala Dinas Perikanan Kobar, Hepy Kamis mengatakan, jumlah nelayan di Kobar ini lumayan banyak. Sehingga, sebagaian dari nelayan yang masih eksis ini juga banyak keluhan ke dinas terkait masalah kapal.

"Para nelayan ini mengeluhkan soal seringnya keruskaan kapal dan juga alat tangkap ikan. Namun banyak juga yang mengharapkan kapal nelayan yang mesinya di atas 5 GT," kata Hepy Kamis saat dikonfirmasi, Minggu, 26 Desember 2021.

Dia mengatakan, usulan para nelayan untuk kapal 5 GT ini biasanya untuk kelompok. Karena untuk kapalnya juga besar dan jangkauan kapal juga bisa lebih jauh. Sehingga yang diharapkan para nelayan soal usulan kapal diatas 5 GT ini bisa menjangkau yang lebih jauh dan hasil tangkapan ikannya juga banyak.

Dia menambahkan, untuk usulan yang masuk terkait kapal 5 GT itu ada belasan. Sedangkan hal ini tidak bisa diakomodir semua oleh dinas. Namun pihaknya juga mengusulkan kembali terkait keinginan para nelayan ke pemerintahan provinsi.

"Jadi kami juga menyampaikan soal usulan kapal kepada Dinas di Provinsi. Supaya nantinya jika ada kapal diatas 5 GT bisa dibantukan kepada para nelayan di Kobar," ungkapnya.

Selama ini, wilayah perairan Kobar ini banyak dijarah oleh nelayan dari luar. Artinya potensi ikan di perairan Kobar masih banyak, sehingga sangat disayangkan ketika banyak nelayan dari luar masuk. Sedangkan untuk tangkapan nelayan kecil sudah tidak sebnayak dulu.

"Maka dari itu mereka mengharapkan adanya kapal yang lebih besar. Mengingat hasil tangkapanya juga lebih banyak," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru