Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gelombang Laut Tegolong Tenang

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 27 Desember 2021 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kondisi perairan di Laut Jawa, dalam beberapa waktu ini tergolong tenang. Ini waktu yang bagus bagi para nelayan untuk melaut menangkap ikan. 

Berdasarkan prakiraan cuaca maritim di perairan Laut jawa, Jawa Timur tidak ada peringatan dini gelombang tinggi alias nihil. Potensi ketinggian gelombang berkisar 0,5 meter hingga 1,5 meter. 

"Untuk Kotawaringin Timur masuk perairan Kalimantan Tengah bagian Timur. Cuaca di perairan itu berpotensi hujan ringan hingga sedang dengan kecepatan angin 06-15 kts," jelas Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Senin, 27 Desember 2021. 

Selain di perairan Kalteng bagian Timur, pasokan ikan ke Kotawaringin Timur, biasanya juga dipasok oleh nelayan dari luar yang biasanya mencari ikan di perairan Laut Jawa Timur Masalembo. 

"Prakiraan cuaca di perairan Laut Jawa Masalembo ketinggian gelombang 0,8 - 1,8 meter, dengan kecepatan angin 07-19 kts," imbuhnya. 

Hal ini diaminkan sejumlah nelayan, di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit. Menurut nelayan, ini waktunya mereka menuai rejeki. Saat ini, masanya nelayan panen ikan tenggiri. 

"Alhamdulillah meski cuaca terkadang tapi hasil pancing lumayan," kata Tuwi, salah seorang nelayan. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru