Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Harapkan Bantuan untuk Petani Direalisasikan

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Desember 2021 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Jainudin Karim berharap bantuan untuk petani dapat direalisasi pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Pasalnya, saat ini ada banyak petani yang membutuhkan bantuan dari pemerintah khususnya di Kalteng, sebagai dorongan membangkitkan kembali perekonomian masyarakat terutama kalangan petani.

"Para petani di Kalteng ini perlu dibantu dan didorong agar bisa bangkit. Ini yang perlu diperhatikan pemerintah. Karena dari sektor pertanian sedikit banyaknya dapat membantu pemerintah dalam memenuhi stok pangan," kata dia, Senin, 27 Desember 2021.

Jainudin Karim mencontohkan, bantuan-bantuan yang perlu diberikan oleh pemerintah melalui instansi terkait kepada para petani yakni seperti bibit, pupuk, alsintan, pelatihan-pelatihan, serta hal-hal lain yang dapat mendorong sektor pertanian masyarakat bisa berkembang.

Selain itu, salah satu yang penting bagi petani yakni akses atau infrastruktur jalan menuju ke sentra pertanian. Sebab, ada banyak jalan yang masih belum diperhatikan. Sehingga, menyulitkan para petani dalam hal mengangkut hasil produksinya.

"Saat reses kita banyak menerima aspirasi terkait hal itu, contohnya saja di Kabupaten Kotim dan Seruyan. Jadi harapan kita pemerintah dapat mendata masyarakat yang berpropesi sebagai petani dan memberikan bantuan kepada mereka," tuturnya.

Di sisi lain, ketika pemerintah memberikan bantuan harus sesuai data yang ada serta tepat sasaran, kapan perlu melalui kelompok tani masing-masing yang ada di daerah.

"Dengan demikian program ketahanan pangan daerah bisa berhasil dan mampu menjawab kebutuhan lokal," imbuhnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru