Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Generasi Milenial Diminta Tak Malu Menjalani Profesi Petani

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Desember 2021 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebuah usaha apapun jenisnya merupakan pekerjaan mulia yang seharusnya bisa dijalani dengan bersungguh-sungguh, terlebih lagi menjadi seorang petani.

Pekerjaan menjadi petani bukanlah hal memalukan. Namun sebaliknya itu merupakan pekerjaan mulia yang dapat membantu semua orang dalam menyediakan berbagai kebutuhan pangan seperti beras, sayur-sayuran, buah-buhan, dan lain-lain.

"Jika dikerjakan dengan baik dan maksimal serta ditekuni bukan hal mustahil seorang petani bisa sukses. Ini yang harusnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terutama generasi milenial," kata Anggota DPRD Kalteng, Sri Neni Trianawati, Selasa, 28 Desember 2021.

Anggota Komisi III DPRD Kalteng ini pun meminta kepada generasi milenial khususnya di Kalteng agar tak malu menjalani profesi menjadi petani, jika ada yang meminati pekerjaan tersebut.

Selain itu, keikutsertaan generasi milenial dalam mengembangkan sektor pertanian terlebih lagi bagi lulusan universitas atau SMK sesuai bidangnya sangat penting untuk mendorong suatu daerah dalam mencapai swasembada pangan pada sektor pertanian.

Di sisi lain, pada ketika masyarakat atau kaum milenial yang hendak menggeluti usaha pertanian namun belum memiliki kemampuan atau modal, ada baiknya pemerintah turut serta membantu dengan mengadakan pelatihan-pelatihan atau permodalan, sebagai dorongan pengembangan usaha itu.

"SDM di Kalteng ini sangat melimpah, pasti ada banyak yang menginginkan usaha pada sektor pertanian, namun terkendala beberapa hal. Disinilah pemerintah harus hadir untuk mendukung mereka yang berniat mencoba mengembangkan pertanian, semakin banyak yang bergelut di bidang tersebut maka semakin baik untuk ketahanan pangan daerah," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru