Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Refleksi Akhir Tahun jadi Ajang Muhasabah WBP Rutan Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Januari 2022 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur melaksanakan refleksi akhir tahun sekaligus menyambut tahun baru 2022 dengan zikir, ceramah agama, ibadah akhir tahun dan doa bersama, Jumat, 31 Desember 2021. Kegiatan tersebut menjadi ajang muhasabah atau introspeksi diri bagi warga binaan pemasyarakatan atau WBP di rutan.

Karutan Tamiang Layang Surya Dharma melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Junaidi menjelaskan, pada siang hari kegiatan refleksi akhir tahun bagi WBP beragama Islam dilaksanakan di Masjid Al-Akbar Rutan Tamiang Layang yang diikuti seluruh pegawai dan WBP. Kegiatan diawali dengan muhasabah kemudian dilanjutkan dengan ceramah khotbah Jumat dan refleksi akhir tahun dan salat berjamaah.

"Sedangkan pada sore WBP serta Petugas Rutan Tamiang Layang yang Kristiani melaksanakan Ibadah Akhir Tahun di Gereja Imanuel Rutan Tamiang Layang," ujar Junaidi.

Dia menambahkan, sehari sebelumnya kegiatan doa bersama juga dilaksanakan oleh pegawai dan WBP yang beragama Hindu.

"Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bahan perenungan dan introspeksi diri terhadap apa yang telah dilakukan di tahun 2021 sekaligus berdoa bersama demi kebaikan di tahun 2022 nantinya," jelas Junaidi.

Menurutnya, berpikir dan berbenah merupakan langkah yang harusnya dilakukan setiap orang dalam melewati hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun.

"Banyak ketidaksadaran yang dilakukan, menjadikan setiap orang hendaknya pandai dalam menghisab diri ke arah yang lebih baik lagi, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama agar kita semua diberikan kemudahan untuk memperbaiki diri atas segala kekurangan dan selalu memperbaiki diri dalam hubungan kepada Allah SWT dan hubungan sesama manusia," lanjutnya.

Junaidi menambahkan, introspeksi diri dan doa bersama lebih penting dilakukan untuk menyongsong tahun baru ketimbang melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, karena dengan bertambahnya tahun maka semakin berkurang pula umur manusia sehingga diharapkan semakin mawas diri dan semakin mendekatkan diri kepada Sang Illahi.

"Mari kita bersama-sama memohon kepada Allah SWT agar di tahun 2022 seluruh pegawai maupun WBP selalu diberikan kesehatan, perlindungan, dimudahkan dalam segala urusan dan apa yang menjadi hajat bersama dapat dikabulkan oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa," tandasnya.

Kegiatan refleksi akhir tahun merupakan bagian dari program pembinaan kepribadian kerohanian di Rutan Tamiang Layang bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Barito Timur. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru