Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ditemukan di Kompleks Perumahan di Sampit, Tenggiling Diserahkan ke BKSDA

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 01 Januari 2022 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur menyerahkan tenggiling yang ditemukan warga Jalan Tidar IV, Perumahan Cipta Karya Milenial, Jalur 4, Sampit kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). 

"Kami sudah menerima seekor tenggiling beratnya sekitar 3 kilogram dan sepertinya dalam keadaan sehat," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, 1 Januari 2022. 

Pihak BKSDA Pos Jaga Sampit pun ke Markas Komando Disdamkarmat Kotim untuk menjemput tenggiling tersebut. Sesampai di Mako Disdamkarmat Kotim, petugas BKSDA didampingi personel Manggala Agni memindahkan segera tenggiling itu. 

Proses pemindahan cukup sulit karena tenggiling sangat kuat mencengkram kawat kandang sehingga mempersulit pemindahan. Beruntung petugas Disdamkarmat Kotim punya sarung tangan khusus sehingga dapat membebaskan cengkraman mamalia bersisik itu. 

Tenggiling itu ditemukan Dio Anggrian Perdana, warga kompleks perumahan tersebut. Tenggiling ditemukan di selokan di depan rumahnya, Kamis, 30 Desember 2021. 

Warga tersebut pun menangkap tenggiling itu dan memasukkannya ke tempah. Selanjutnya dia pun melaporkan penemuan satwa dilindungi itu ke Disdamkarmat Kotim. Petugas Disdamkarmat Kotim pun melakukan penjemputan, lalu mengamankannya. Selanjutnya menyerahkannya ke BKSDA karena hewan itu merupakan salah satu yang dilindungi. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru