Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Sampit Lepas Liarkan Trenggiling Temuan Warga

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 01 Januari 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit melepasliarkan seekor tenggiling ke salah satu hutan di  Kecamatan Kota Besi, Kotawaringin Timur. Sebelumnya, tenggiling tersebut sebelumnya diserahterimakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotim. 

"Setelah berkoordinasi dengan pimpinan, kami diperintahkan untuk segera melepasliarkan tenggiling itu," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Sabtu, 1 Januari 2022. 

Selain itu kondisi tenggiling tersebut juga tampak stres sehingga lebih baik dilepasliarkan ke habitatnya. Dikhawatirkan jika tak segera dilepasliarkan akan mati. 

"Kalau kita lakukan rehabilitasi takutnya tidak mau makan," imbuhnya. 

Tenggiling merupakan hewan langka yang perlakuannya tidak sama seperti hewan lainnya. Mamalia pemakan semut ini rentan stres jika hidup bukan di habitat aslinya. 

Tenggiling tersebut diserahkan oleh Disdamkarmat Kotim yang sebelumnya ditemukan warga Jalan Tidar IV, Perumahan Cipta Karya Milenial, Jalur 4, Sampit. 

Tenggiling itu ditemukan Dio Anggrian Perdana, warga kompleks perumahan tersebut. Tenggiling ditemukan di selokan di depan rumahnya, Kamis, 30 Desember 2021. 

Warga tersebut pun menangkap tenggiling itu dan memasukkannya ke tempah. Selanjutnya dia pun melaporkan penemuan satwa dilindungi itu ke Disdamkarmat Kotim. Petugas Disdamkarmat Kotim pun melakukan penjemputan, lalu mengamankannya. Selanjutnya menyerahkannya ke BKSDA karena hewan itu merupakan salah satu yang dilindungi. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru