Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Siapkan Oksigen dan Obat Waspadai Varian Omicron

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Januari 2022 - 23:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan informasi dari Satgas Pusat terkait langkah mengantisipasi varian Omicron.

Mulai dari penguatan pasokan oksigen untuk penanganan dan obat obatan untuk mengurangi laju masuknya pasien ke rumah sakit.

"Pemerintah menyiapkan berbagai hal untuk mengantisipasi potensi penambahan penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron di Tanah Air," sebut Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Sugianto Sabran melalui Kepala Bidang Kehumasan, Agus Siswadi dalam rilis tertulisnya, Selasa malam, 4 Januari 2021.

Satgas menyampaikan salah satu yang disiapkan yakni ketersediaan tempat tidur rumah sakit di seluruh Indonesia.

Berdasarkan pengalaman saat menangani lonjakan kasus akibat varian Delta, pemerintah juga menyiapkan kebutuhan oksigen medis.

"Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikit mengatakan dalam situasi normal, kebutuhan oksigen Indonesia mencapai 700 ton per hari dan saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 sebelumnya naik menjadi 2.200 ton per hari," tuturnya.

Selain itu juga didatangkan 16 ribu oksigen konsentrator yang di kirim ke seluruh rumah sakit di seluruh Indonesia terutama yang akses oksigennya susah. Hal itu setara dengan 800 ton per hari.

"Pemerintah juga menyiapkan kebutuhan obat-obatan antara lain dengan mendatangkan obat molnupiravir. Obat tersebut telah terbukti bisa mengurangi laju masuknya pasien ke rumah sakit bagi mereka yang terkena Covid-19 dengan saturasi oksigen di atas 94 persen," tambahnya.

Untuk itu, Satgas mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara baik dan disiplin, serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memudahkan proses penelusuran kasus. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru