Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Capaian Vaksinasi Orang Tua Peserta Didik Juga Pengaruhi Pembelajaran Tatap Muka

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 05 Januari 2022 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Selain status level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), capaian vaksinasi bagi orang tua peserta didik juga menjadi salah satu pertimbangan dalam penyelenggara Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. 

"Tak hanya capaian vaksinasi Covid-19 untuk guru dan peserta didik saja. Namun vaksinasi kepada orang tua siswa juga mempengaruhi pelaksanaan PTM ini," Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kotim, Wahyudi, Rabu, 5 Januari 2022.

Menurutnya, jika orang tua atau wali peserta didik berisiko terpapar Covid-19, maka besar kemungkinan anak juga terpapar. Dikhawatirkan ini akan dibawa ke sekolah sehingga terjadi penularan kembali di lingkungan sekolah.

"Hal itu yang tidak kita inginkan, makanya orang tua peserta didik juga harus divaksinasi. Berapa persen nanti capaiannya akan kami koordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Kalau sudah terpenuhi target baru bisa kami keluarkan ketentuannya untuk tatap muka," tegasnya.

Untuk diketahui, semua satuan pendidikan dan para orang tua di Kotim sangat mengharapkan agar pembelajaran sudah bisa dilakukan secara tatap muka sepenuhnya. Terlebih saat ini Kotim sudah dinyatakan sebagai wilayah PPKM level 1. 

Dijelaskannya, saat di semester genap ini memang sudah ada keluar ketentutan dari Surat Keputusan (SK) 4 menteri yaitu mewajibkan dilakukannya tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) ketat. Namun demikian, pihaknya tetap harus mempertimbangkan segala risikonya di daerah.

"Kami juga menginginkan agar PTM 100 persen bisa dilaksanakan, karena sudah pasti pembelajaran bisa dilakukan secara maksimal," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-7) 

Berita Terbaru