Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Duh Ngeri, di Kompleks Perumahan Ini Beruang Sudah 2 Kali Mondar-mandi

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 05 Januari 2022 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kemunculan beruang madu dekat permukiman warga tak hanya terjadi kawasan Lingkar Kota Sampit saja. Warga sekitar Perumahan Robby, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang pun mengalami hal yang sama. 

Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah menjelaskan, pihaknya menerima laporan itu dari petugas keamanan komplek perumahan. Kemunculan beruang itu terakhir terjadi Senin, 3 Januari 2022. 

"Warga melihat kemunculan beruang di samping pagar dan kolam milik salah seorang warga  Senin, 3 Januari sekitar pukul 23.30," kata Muriansyah, Rabu, 5 Januari 2022. 

Bahkan kemunculan beruang ini yang terlihat warga sudah dua kali ini. Pihak BKSDA Pos Jaga Sampit pun langsung mengecek ke lokasi kemunculan. 

Hasil pengecekan BKSDA, tidak ditemukan sampah dan kandang ternak di dekat lokasi kemunculan beruang. Petugas hanya menemukan sejumlah tanaman nanas milik warga. 

"Batang dan buah nanas tidak ada yg rusak. Mungkin karena jenis nanas yang ada di sini bukan jenis yang suka dimakan beruang," imbuhnya. 

Muriansyah menarik kesimpulan bahwa beruang hanya melintas di lokasi tersebut. Bukan menetap karena tidak ada sumber pakan dan penyebab kedatangan beruang di lokasi itu. 

"Tapi kami tetap memberikan pengarahan pada warga yang ditemui di lokasi kemunculan beruang dan meminta segera melapor apabila satwa dilindungi itu terlihat lagi," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru