Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akselerasi Transformasi Digital untuk Perluasan Akses Keuangan Masyarakat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Januari 2022 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan OJK secara berkelanjutan melakukan asesmen terhadap sektor jasa keuangan dan perekonomian. Hal tersebut untuk menjaga momentum percepatan pemulihan ekonomi nasional, serta terus memperkuat sinergi dengan stakeholder dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan.

"OJK terus mendorong transformasi digital sektor jasa keuangan dengan fokus pada pemberian layanan/produk yang cepat, mudah, murah, dan kompetitif kepada masyarakat serta peningkatan kemudahan dan perluasan akses masyarakat unbankable dan UMKM," kata Otto pada Rabu, 5 Januari 2022.

Menurut Otto, upaya tersebut antara lain melalui penerbitan POJK Nomor 12/POJK.03/2021 tentang Bank Umum dan POJK No.13/POJK.03/2021 tentang Penyelenggaraan Produk Bank Umum serta peluncuran Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan.

"Peraturan OJK terkait Bank Digital tersebut memberikan ruang bagi bank untuk masuk ke dalam ekosistem digital serta mengembangkan produk dan layanan bank berbasis digital untuk bank berskala kecil seperti BPR," jelasnya.

Kesempatan yang sama juga dikembangkan untuk lembaga keuangan mikro termasuk Bank Wakaf Mikro atau BWM.

"Selain itu, OJK juga memberikan ruang gerak yang lebih besar bagi pengembangan UMKM menjadi UMKM go-digital melalui ekosistem UMKM berbasis digital secara terintegrasi mulai dari hulu sampai ke hilir," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru