Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kesepakatan Soal Penanganan Jalan Rusak Palangka Raya-Kuala Kurun

  • Oleh Magang 2
  • 06 Januari 2022 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dialog antara Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong bersama aliansi masyarakat terkait penanganan perbaikan ruas jalan Palangka Raya-Kuala Kurun di wilayah setempat, yang dilakukan di Desa Tanjung Karitak Kecamatan Sepang Rabu 5 Januari 2022 lalu membuahkan hasil.

Sejumlah kesepakatan tercapai pada dialog tersebut, di mana kesepakatan ditandai dengan penandatanganan surat persetujuan yang dilakukan oleh Bupati Jaya S Monong serta para saksi.

"Ada beberapa poin, yakni perusahaan wajib membuat jalan khusus berdasarkan Perda Provinsi Kalteng No.7 tahun 2012," ucap Jaya.

Selanjutnya, sebelum jalan khusus selesai dibuat, maka aliansi masyarakat memberikan kesempatan kepada angkutan PBS untuk melewati jalan umum dengan batas waktu maksimal 1 tahun.

Tidak hanya itu, mereka juga menyepakati terkait berat dan ukuran kendaraan yang akan melalui jalur Palangka Raya-Kuala Kurun harus mengacu pada UU RI No. 22 tahun 2009 dan Perda Provinsi Kalteng No.7 tahun 2012.

Ke empat, Perusahaan Besar Swasta (BPS) juga diminta untuk siap memperbaiki jalan umum jika terjadi kerusakan menjadi seperti sedia kala yang beraspal.

Sebelumnya, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong beserta Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FORKOPIMDA) menemui masyarakat yang mengungkapkan aspirasinya di Desa Tanjung Karitak, Kecamatan Sepang, Rabu 5 Januari 2022.

Saat itu, anggota kepolisian bersama TNI juga turut menjaga di wilayah setempat. 

Perlu diketahui, sejumlah BPS sebelumnya juga sudah bersedia berpartisipasi pada perbaikan jalan Palangka Raya-Kuala Kurun di wilayah Kabupaten Gumas.

Bagi PBS yang belum berpartisipasi diminta untuk turut berpartisipasi dan jika tidak mau maka mereka tidak diperkenankan mengangkut hasil produksi di ruas jalan Palangka Raya-Kuala Kurun di wilayah Kabupaten Gumas.

Berita Terbaru