Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Senin Depan Kecamatan Dusun Timur Ekspos Perencanaan Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 Januari 2022 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kecamatan Dusun Timur akan mengekspos perencanaan desa kepada Pemerintah Kabupaten Barito Timur pada Senin depan.

"Dalam ekspos perencanaan desa ke pemerintah daerah ini nanti RKPDes (Rencana Kerja Pemerintah Desa) masing-masing desa langsung diperiksa oleh Bupati Barito Timur," ujar Camat Dusun Timur, Ristanto Pratomo, Kamis, 6 Januari 2022.

Pada ekspos perencanaan desa nanti akan ada arahan dari bupati maupun tim anggaran pemerintah daerah agar pelaksanaan pembangunan di desa dapat sinkron dengan pemkab karena pemkab yang langsung membina pemerintah desa.

"Mungkin nanti juga ada koreksi dan perubahan yang harus dilakukan meski tidak banyak karena sudah ada rambu-rambu yang mengatur semua itu seperti BLTDD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) berapa persen, pembangunan berapa persen dan pemberdayaan berapa persen. Rambu-rambunya kan sudah jelas semua," imbuhnya.

Camat mengungkapkan kemungkinan besaran dana desa (DD) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat tahun ini akan menurun akibat pandemi. Penggunaan DD juga lebih banyak untuk penanganan dampak pandemi seperti penyaluran BLTDD dan penanganan covid-19.

"Jadi pembangunan pada tahun 2022 ini agak dikurangi. Pemerintah desa saat ini sedang dalam proses pembuatan RAPBDes jadi kami terus memantau, karena arah penganggaran APBDes 2022 ini sudah jelas jadi kita sesuaikan dengan itu," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru