Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DPMDSos Barito Timur Ungkap Prioritas Penggunaan Dana Desa 2022

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Januari 2022 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial atau DPMDSos Kabupaten Barito Timur, Barnusa membeberkan prioritas penggunaan dana desa atau DD pada 2022. Sebagian besar alokasi DD masih diarahkan untuk penanganan dampak pandemi covid-19.

"Sesuai Perpres Nomor 104 Tahun 2021, pada pasal 5 ayat 4, penggunaan dana desa 2022 diatur penggunaannya sebagai berikut yang pertama alokasi program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa dana desa atau BLTDD sebesar 40 persen," ungkap Barnusa di kantornya, Jumat 7 Januari 2021.

Selanjutnya program ketahanan pangan dan hewani sebesar 20 persen serta dukungan pendanaan penanganan covid-19 sebesar 8 persen.

Dengan demikian dari total 100 persen DD yang diterima tiap desa, pemerintah desa hanya bisa mengalokasikan 32 persen untuk memenuhi kebutuhan program sektor prioritas lainnya.

Menurut Barnusa, sesuai kebijakan pemerintah pusat, khusus untuk penyaluran BLTDD apabila di desa tersebut penerima manfaat BLTDD hanya sedikit atau di bawah alokasi anggaran sehingga menyebabkan alokasi BLTDD tersebut tersisa maka anggaran yang sisa dikembalikan ke pemerintah kabupaten agar dapat disalurkan ke desa lain yang masih kurang alokasi BLTDD.

"Untuk anggaran yang 32 persen saya berharap nanti pemerintah desa benar-benar melihat program yang prioritas sesuai dengan kebutuhan di desa sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk pembangunan desa maupun kesejahteraan masyarakat," katanya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru