Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Makna Maskot Porprov Kalteng Bernama Si Tingang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Januari 2022 - 00:41 WIB

 BORNEONEWS, Sampit - Burung Tingang resmi menjadi maskot dari Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dinamai Si Tingang. 

Dipilihnya Si Tingang setelah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotim menggelar lomba desain, sehingga terpilihlah seorang pemenang dengan desain burung tingang. Pemenang lomba ini bernama Mario. 

Mario menjelaskan dia sengaja membuat desain maskot yang sederhana mungkin agar mudah diingat, sehingga dirinya memilih burung tingang. 

"Saya sengaja mendesain sederhana, namun ada makna di dalamnya," kata Mario kepada wartawan. 

Dia sengaja memilih burung tingang, karena merupakan ikon Kalteng. Burung ini juga melambangkan kebersamaan dan keberadaannya juga sudah mulai berkurang di wilayah Kalteng ini. 

"Saya juga berharap agar anak-anak penerus dapat mengetahui burung tingang. Walaupun saat ini sudah hampir punah," terangnya.

Mario menjelaskan banyak makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari pewarnaan hijau sesuai logo Kotim, motif Sungai Mentaya hingga tiga helai ekor si tingang yang mencerminkan falsafah masyarakat dayak. 

Ketus KONI Kotim, Ahyar Umar mengatakan sebenarnya ada dua desain yang mereka pilih. Yakni desain Ikan Jelawat dan Burung Tingang. Namun karena iven ini diselenggarakan se-Kalteng, sehingga kami pilih burung tingang.

"Kami memilih Si Tingang, karena mengandung makna dan melambangkan kebersamaan masyarakat di Kalteng," katanya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru