Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PUPR Palangka Raya Kerahkan Tim Ahli Selidiki Penyebab SDN 14 Ambruk

  • Oleh Hendri
  • 11 Januari 2022 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya siap kerahkan tim ahli untuk menyelidiki penyebab ambruknya ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) 14 Palangka di Jalan Mendawai Komplek Sosial, Kelurahan Palangka.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PUPR Palangka Raya Arbert Tombak melalui Kepala Bidang Pembangunan Permukiman, Arif Fathuddin.

"Tim ahli ini terdiri atas akademisi dari Universitas, konsultan dan tenaga ahli kontruksi," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 11 Januari 2022.

Temuan sementara dari tim investigasi yang sudah ke lokasi pada hari minggu kemarin ambruknya bangunan tersebut disebabkan faktor alam.

"Jika kita melihat secara kasat mata penyebabnya karena terjadi pergeseran kontruksi akibat banjir. Apalagi dalam tahun ini wilayah itu sering banjir dan arusnya cukup deras," jelasnya.

Meski begitu, dugaan tersebut tidak bisa menjadi dasar untuk menentukan hasil akhirnya. Pasalnya untuk menentukan penyebab ambruk suatu bangunan diperlukan kajian mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaannya.

"Saat ini pimpinan sedang rapat bersama Sekda membahas hal itu. Dalam forum mungkin sudah ada tim yang dipanggil termasuk Diknas sebagai pelaksana anggaran,"  tuturnya.

Setelah hasil kajian itu selesai, PUPR akan memberikan rekomendasi terkait penanganan lebih lanjut terhadap bangunan tersebut apakah bisa digunakan kembali atau tidak.

"Sementara ini gedung tidak bisa digunakan karena khawatir menjadi masalah. Kita perlu antisipasi gedung lainnya juga mengalami masalah sehingga lebih baik tidak digunakan dulu," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru