Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Deteksi Perubahan Perilaku Beruang yang Berkeliaran di Sekitar Kota Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 11 Januari 2022 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, mendeteksi sejumlah perubahan perilaku satwa liar dilindungi yang berkeliaran di Sampit, Kotawaringin Timur. Khususnya beruang madu.

"Kami khawatir perilaku beruang berubah dari sifat alamiahnya," ucap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Selasa, 11 Januari 2022.

Muriansyah mengungkapkan sejumlah perubahan yang terjadi pada perilaku beruang di antaranya adalah muncul pada siang hari. Padahal secara alamiah beruang merupakan hewan yang aktif beraktivitas mencari makan malam hari.

Selain itu, fakta lainnya adalah soal makanan, beruang yang berkeliaran di Sampit kedapatan sering memangsa hewan ternak. Namun yang dimakan hanya bagian jeroan seperti hati dan jantung. Tidak mau makan dagingnya. 

"Biasanya untuk memenuhi protein paling sering beruang makan rayap. Tapi kini sudah berani menyerang unggas dengan memakan hati dan jantungnya," katanya. 

BKSDA mencurigai beruang yang berkeliaran ini lahir dekat dengan kawasan ini. Dengan kondisi lingkungan baru ini beruang menjadi terbiasa. Sehingga tidak ada perilaku alamiahnya seperti tinggal di habitatnya. 

BKSDA memperkirakan, ada tiga ekor beruang yang saat ini masih berkeliaran di kawasan Lingkar Kota hingga Perumahan Wengga Metropolitan. Dua ekor berukuran besar, sepasang jantan dan betina. Serta satu ekor berusia remaja. 

"Nah kami curiga beruang usia remaja ini, merupakan anak dari sepasang beruang itu.atau jangan-jangan sudah melahirkan beruang-beruang baru," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru