Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kota Ajak Masyarakat Bercocok Tanam untuk Ketahanan Pangan Alternatif

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Januari 2022 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Heri Purwanto mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong, agar bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Apalagi masih di tengah suasana pandemi Covid-19 saat ini, maka bercocok tanam menjadi penting untuk menjaga ketersediaan bahan pangan alternatif. 

"Dari pada lahan kosong, maka lebih baik dimanfaatkan untuk bertani maupun bercocok tanam sayur mayur. Wargapun tidak perlu khawatir akan kelangkaan bahan pangan," kata Heri, Selasa, 11 Januari 2022.

Lebih jauh legislator Partai Hanura ini menambahkan, banyak manfaat yang akan diterima masyarakat apabila memanfaatkan lahan tidur dan pekarangan rumahnya. Selain dimanfaatkan sendiri, juga bisa dijual bila hasilnya berlebih.

"Banyak lahan tidur yang tidak dimanfaatkan. Itu sangat disayangkan dan mubazir. Mari dari sekarang kita bercocok tanam untuk keperluan kita di tengah pandemi Covid-19 seperti ini," ajaknya.

Heri menambahkan, dengan kerap naiknya harga sejumlah bahan pokok di pasaran yang berasal dari pasokan, maka setidaknya dapat memotivasi masyarakat untuk bisa memanfaatkan lahan kosong yang dimilikinya untuk bercocok tanam.

"Bila bercocok tanam ini banyak dilakukan oleh masyarakat, maka niscaya setiap terjadi kenaikan harga bahan pangan, masyarakat tidak akan merasakan pengaruhnya secara luas," ujarnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru