Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Dorong Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Bercocok Tanam

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Januari 2022 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng juga sebagai Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Henry mendorong maayarakat agar dapat memanfaatkan lahan kosong di sekitar untuk bercocok tanam.

Menurutnya, bercocok tanam atau berkebun menjadi hal penting untuk menjaga ketersediaan bahan pangan alternatif. terlebih lagi ditengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini.

"Misalkan disekitar rumah saja, dari pada lahan yang dimiliki itu kosong, maka lebih baik dimanfaatkan untuk bercocok tanam sayur mayur dan sebagainya. Jadi masyarakat tidak perlu lagi khawatir akan kelangkaan bahan pangan," ucapnya, Rabu, 12 Januari 2022.

Dia mengatakan ada banyak manfaat yang akan diterima masyarakat jika bisa memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumahnya. Dari hasil itu selain dapat dikonsumsi sendiri, juga bisa dijual jika hasilnya berlebih.

"Banyak lahan kosong yang tidak dimanfaatkan. Itu sangat disayangkan dan mubazir. Ada baiknya sedari sekarang dimanfaatkan untuk hal posirif yang menghasilkan di tengah pandemi Covid-19 seperti ini," tuturnya.

Selain itu ia menjelaskan dengan kerap naiknya harga sejumlah bahan pokok di pasaran yang berasal dari pasokan, maka setidaknya dapat memotivasi masyarakat untuk bisa memanfaatkan lahan kosong yang dimilikinya untuk bercocok tanam.

"Jika bercocok tanam ini banyak dilakukan oleh masyarakat, maka setiap terjadi kenaikan harga bahan pangan, masyarakat tidak akan merasakan pengaruhnya secara luas," sebutnya.

Ia menambahkan, meski demikian upaya menjaga ketahanan pangan tersebut tentunya tidak bisa lepas dari peran serta pemerintah daerah. Terutama agar persoalan yang dihadapi bisa segera terselesaikan. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru