Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

16 Desa di Barito Timur Terima Alokasi Kinerja Senilai Rp 241 Juta Lebih

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 13 Januari 2022 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 16 desa di Kabupaten Barito Timur menerima Alokasi Kinerja (AK) dari pemerintah pusat pada tahun anggaran 2022 senilai Rp 241.906.000.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial atau DPMDSos Barito Timur, Barnusa merinci, 16 desa yang menerima AK yakni Desa Haringen, Janah Jari
Tangkan, Apar Batu, Danau Saing, Rodok, Sumber Garunggung, Muara Palantau
Ketab, Tuyau, Muru Duyung,Juru Banu, Batuah, Kalamus dan Desa Runggu Raya.

"AK tersebut nanti langsung include (termasuk) dalam Dana Desa (DD) yang diterima masing-masing desa," jelas Barnusa saat kegiatan Business Gathering Ekosistem Desa di Tamiang Layang, Kamis, 13 Januari 2022.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 205 Tahun 2019 Pasal 6 disebutkan, kriteria yang menjadi dasar desa dengan kinerja terbaik yakni pengelolaan keuangan desa, pengelolaan DD, capaian keluaran (output) DD serta capaian hasil pembangunan desa.

Karena itu Barnusa mendorong pemerintah desa yang lain untuk meningkatkan kinerjanya demi memajukan desa masing-masing.

Menurutnya, kemajuan masing-masing desa dalam membangun bukan hanya dijawab dengan kata-kata tetapi harus dengan bukti nyata baik secara fisik maupun manajemen pengelolaan desa itu sendiri.

"Kalau setiap tahun desa tersebut tidak mengalami peningkatan pembangunan, berarti ada sesuatu yang tidak beres yang harus diperbaiki seperti peningkatan kapasitas sumber daya manusia maupun evaluasi skala prioritas pembangunan," kata Barnusa.

Kegiatan Business Gathering Ekosistem Desa juga Dihadiri Bupati Barito Timur, Kabid UKM Disdagkop UKM, Perwakilan BRI Cabang Buntok dan Kepala Desa penerima AK. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru