Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sidoarjo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukses Jalankan P2L, Kelompok Wanita Tani di Kobar Dapat Penghargaan dari Pemkab

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Januari 2022 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kelompok wanita tani (KWT) yang berhasil menjalankan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) pada 2021 lalu, Kamis, 13 Januari 2022.

Kegiatan penyerahan penghargaan kepada KWT ini berlangsung di halaman Kantor DKP Kobar, yang juga sekaligus dirangkai dengan kegiatan pencanangan pembangunan zona integritas (ZI) dilingkungan DKP, serta kegiatan bayar hasil olahan atau produk dari KWT.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kobar Nurhidayah, Anggota DPR RI Bambang Purwanto, Wakil Ketua DPRD Bambang Suherman, Sekretaris Daerah Suyanto  serta beberapa kepala dinas terkait lainnya.

Bupati Kobar Nurhidayah menyampaikan, kegiatan P2L tersebut sangat mendukung upaya peningkatan ketahanan pangan keluarga dan masyarakat, serta menjadi salah satu strategi dalam penanganan stunting, dimana saat ini sedang gencar dijalankan pemerintah.

"Kita ketahui kegiatan P2L ini tentu sangat mendukung ketahanan pangan keluarga, terutama dalam kondisi menghadapi pandemi seperti saat ini dimana perekonomian menjadi salah satu sektor terdampak," kata Nurhidayah.

Nurhidayah mengungkapkan, dalam situasi pandemi saat ini, ketahanan kesehatan dan ketahanan pangan menjadi hal yang sangat penting. Kegiatan P2L telah dicanangkan dan didorong oleh pemerintah dengan membentuk KWT di setiap desa, dimana kegiatan utamanya seperti pembuatan rumah bibit, penanaman tanaman sayuran secara hidroponik maupun polybag, pembuatan kolam ikan dan lain-lain.

Nurhidayah mengucapkan selamat kepada para anggota KWT, yang telah bekerja sama mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan ketahanan pangan masyarakat.
"Selamat kepada KWT yang telah bekerja dan meraih penghragaan kali ini, ini adalah bagian apresiasi dari pemerintah atas kerjasama ibu-ibu semua dalam menjaga ketahanan pangan keluarganya dan wilayahnya masing-masing," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala DKP Kobar Ahmad Yadi menambahkan, bahwa pemberian penghargaan kepada KWT itu ada beberapa kategori. Mulai dari kategori inovasi terbaik, administrasi terbaik, panen terbanyak dan kekompakan terbaik.

"Ini untuk memberikan apresiasi dan menumbuhkan motivasi agara KWT tetap semangat untuk terus melakukan penanaman, serta terpenting ialah mewujudkan kemandirian kedaulatan pangan," imbuhnya.

Pada tahun anggaran 2021 lalu, DKP Kobar telah melaksanakan P2L dengan membentuk sebanyak 23 KWT yang tersebar di 6 Kecamatan dan 23 kelurahan/ desa se Kobar.

"Kami berharap, program P2L dan KWT ini terus berlanjut dan semakin banyak di Kobar," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru