Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Harap Perekonomian Meningkat di Desa Penerima Alokasi Kinerja

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 13 Januari 2022 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas berharap perekonomian atau kesejahteraan masyarakat semakin meningkat di desa penerima Alokasi Kinerja (AK) dari pemerintah pusat.

Harapan tersebut disampaikan Bupati saat menghadiri Business Gathering Ekosistem Desa sekaligus penyerahan secara simbolis AK kepada 16 kepala desa, Kamis, 13 Januari 2022.

"Kita dorong agar desa dapat memanfaatkan anggaran tersebut dengan baik untuk pembangunan di desa seperti bedah rumah. Pada tahun ini kita menganggarkan bedah rumah setiap desa satu buah rumah, dengan adanya Alokasi Kinerja tersebut desa bisa menambah lagi sampai lima rumah yang dibedah," ujar Ampera di Tamiang Layang.

Dia berharap penyaluran AK bagi desa dengan kinerja terbaik dapat memotivasi semua desa yang ada di Barito Timur untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan desa yang berujung pada percepatan pengentasan kemiskinan dan kemajuan pembangunan desa.

"Mungkin tahun depan ada penilaian lagi desa dengan kinerja terbaik pasti akan mendapatkan Alokasi Kinerja dari pemerintah pusat," ucap Ampera.


Adapun 16 desa yang menerima AK pada tahun anggaran 2022 yakni Desa Haringen, Janah Jari Tangkan, Apar Batu, Danau Saing, Rodok, Sumber Garunggung, Muara Palantau
Ketab, Tuyau, Muru Duyung,Juru Banu, Batuah, Kalamus dan Desa Runggu Raya.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 205 Tahun 2019 Pasal 6 disebutkan, kriteria penilaian desa dengan kinerja terbaik yakni pengelolaan keuangan desa, pengelolaan DD, capaian keluaran (output) DD serta capaian hasil pembangunan desa. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru