Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Lokasi Food Estate Mulai Tanam Padi

  • Oleh Magang 3
  • 14 Januari 2022 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Petani food estate di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau saat ini sedang memasuki musim pertama tanam, Jumat 14 Januari 2022.

Seperti yang disampaikan salah satu petani, Nari (55) purnawirawan TNI dari Kelompok Tani Sido Mulyo ini. "Untuk sekarang lagi musim tanam yang kemarin program food estate. Alhamdulillah bantuan-bantuan semua sudah sampai semua," ucapnya.

Dia menjelaskan namun dalam musim tanam masih ada beberapa kendala seperti di tahun sebelumnya. 

"Kendalanya saat ini masih ada sisah-sisah tikus, tapi itu wajar. Apalagi ini sudah musim tanam ditahun pertama diawal tahun. Jadi ini sudah alamnya musim panen untuk tani," ujarnya.

Pada program food estate guna meningkatkan ketahanan pangan, pemerintah mengupayakan kepada para petani untuk memaksimalkan bisa memenuhi target panen 3 sampai 4 kali dalam setahun, namun para petani masih butuh proses penyesuaian alam.

"Untuk programnya bagus, untuk panen 1 tahun 3 kali. Cuma kita perlu belajar pengalaman alam. Alam di Belanti sini belum bisa dipakai 3 kali sampai 4 kali panen. Karena apa sesuai dari cerita adat untuk bulan 5 sampai bulan 6 jangan sampai ada padi disawah," ungkapnya.

"Jadi dianjurkan bisa panen semua, jadi bulan 9 dan bulan 10 itu juga jangan ada padi disawah. Karena bulan 11 itu sudah musim-musimnya tikus berkembang biak. Untuk di bawah itu tikus, untuk di atas itu burung," ungkapnya.

Dia mengharapkan untuk di tahun ini petani menginginkan 2 kali musim panen karena hasilnya maksimal. 

"Kalau 3 kali panen belum bisa. Karena alamnya belum mendukung untuk panen 3 sampai 4 kali dalam setahun," tutupnya. (MAGANG 3/B-6)

Berita Terbaru