Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Komisi II DPRD Kotim Ingatkan DLH Terus Tingkatkan Pengelolaan Sampah

  • Oleh Naco
  • 14 Januari 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Hj Darmawati mengingatkan Dinas Lingkungan Hidup untuk terus meningkatkan kinerja pengelolaan sampah.

Sehingga, kata dia, tidak ada tumpukan sampah di depo seperti yang terjadi saat ini banyak yang meluber hingga ke luar depo.

"Jangan sampai sampah menumpuk, apalagi sampai meluber ke jalan yang ada di depok itu," katanya, Jumat,  14 Januari 2022          

Masalah sampah, lanjut dia, masih kerap dikeluhkan masyarakat. Seperti beberapa hari lalu sampah di Depo Sampah Mini Sehati 03 di Jalan Antang Barat, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang terlihat menumpuk bahkan meluber ke luar halaman depo. 

Kondisi ini dikeluhkan warga karena menimbulkan pemandangan yang kurang baik dan muncul aroma tidak sedap. Kondisi ini juga dikhawatirkan bisa berdampak buruk terhadap lingkungan dan kesehatan. 

Darmawati mengakui, keberadaan depo sampah, armada dan personel saat ini masih kurang. Saat rapat beberapa waktu lalu Dinas Lingkungan Hidup juga menyampaikan bahwa idealnya ada 15 depo sampah untuk menampung sampah rumah tangga di Sampit.

DPRD berharap Dinas Lingkungan Hidup tetap bekerja maksimal meski dihadapkan pada berbagai keterbatasan, terkait penambahan fasilitas, tentu terus diupayakan sesuai kemampuan keuangan daerah. 

"Di sisi lain, saya juga mengimbau masyarakat untuk membuang sampah itu benar-benar di area depo," pungkasnya.

Sampah yang mau diantar ke depo jangan dilempar begitu saja di jalan depan depo. Masyarakat juga harus disiplin pada aturan waktu membuang sampah agar sampah tidak kembali menumpuk setelah diangkut. (NACO/B-7)

Berita Terbaru