Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Penjelasan Dinas PUPR Perkim Terkait Luapan Air di Jalan Nansarunai saat Hujan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Januari 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas PUPR Perkim Kabupaten Barito Timur, Yumail J Paladuk menegaskan, drainase yang tersumbat di Jalan Nansarunai dekat RSUD Tamiang Layang dan menyebabkan luapan air ke jalan saat hujan, bukan drainase yang baru selesai dikerjakan pada bulan Desember 2021.

"Drainase yang tersumbat adalah drainase lama yang sebelumnya sudah ada bukan yang baru dikerjakan," jelasnya kepada Borneonews, Jumat, 14 Januari 2022.

Yumail menambahkan, drainase tersebut tersumbat oleh endapan tanah yang sudah hampir memenuhi seluruh bagian saluran sehingga tidak dapat menampung air yang banyak.

"Yang jelas bukan masuk pekerjaan yang kemarin, jika masuk pekerjaan kemarin maka segera saya perintahkan kontraktor untuk memperbaiki," terangnya.

Menurut Yumail, pada proyek peningkatan jalan Tamiang Layang - Simpang Didi, pembuatan saluran drainase atau parit hanya dilakukan pada spot-spot tertentu sehingga drainase yang sudah ada tidak diperbaharui atau diperbaiki dalam pekerjaan tersebut.

Meski demikian, pihaknya akan melakukan pengerukan drainase yang tersumbat itu sehingga dapat kembali berfungsi normal.

Pada kesempatan itu, Yumail juga mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi merawat drainase di sekitar rumah sehingga tidak menyebabkan banjir saat hujan.

"Masyarakat di tingkat RT harus merasa memiliki dan merawat saluran drainase dengan tidak membuang sampah sembarangan serta membersihkan jika tersumbat, apalagi drainase yang berada persis di depan rumah. Tidak semua harus dikerjakan pemerintah karena anggaran kita juga terbatas," katanya.

Jika warga sekitar secara rutin turut merawat saluran tersebut, lanjut Yumail, maka kondisinya tidak akan separah itu hingga menyebabkan luapan air ke jalan. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru