Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kisah di Balik Robot yang Jadi Siswa dan Bersekolah

  • Oleh ANTARA
  • 15 Januari 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Bayangkan anda harus kembali menjalani duduk di bangku sekolah dasar. Alih- alih bertemu teman sebaya, kini anda berkawan dengan robot yang mewakili teman anda bersekolah.

Tentu itu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bukan

Kisah ini pun dialami oleh murid- murid di salah satu sekolah di Jerman tepatnya di Sekolah Pusteblume- Grundschule di Berlin. Setiap hari, kini ada sebuah robot yang datang ke sekolah dan mengikuti pelajaran layaknya seorang murid di sekolah itu.

Robot itu bukan sembarang robot, melainkan robot yang mewakili kedatangan seorang siswa bernama Joshua Matinangeli (7). Dikutip dari  Reuters, Sabtu, Joshua memiliki keterbatasan pada fisiknya sehingga ia tidak mampu bergerak bebas apalagi harus datang langsung ke sekolah.

Kehadiran robot yang disebut dengan robot avatar itu menggantikan badan fisik Joshua untuk mengalami pengalaman berinteraksi dengan rekan sebayanya. Inovasi itu memungkinkan Joshua bisa mengobrol dan merasakan pengalaman bermain di sekolah meski sebenarnya ia berada di rumahnya.

“Anak-anak berbicara dengannya, tertawa bersamanya dan kadang-kadang bahkan mengobrol dengannya selama pelajaran. Joshi juga bisa melakukannya dengan baik," kata Kepala Sekolah Pusteblume- Grundschule Ute Winterberg.

Joshua mengalami keterbatasan fisik karena ia harus memakai selang di lehernya akibat penyakit paru- paru yang parah. Kondisi itu membuatnya tak bisa dengan mudah berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kehadiran robot di dalam kelasnya, membuat Joshua bisa merasakan kondisi nyata bersekolah dengan interaksi sosial teman sebaya.

Joshua bisa mengirimkan sinyal dengan membuat robotnya berkedip untuk memulai interaksi dengan teman- temannya. Beruntung cara tersebut membantu Joshua bisa akrab dengan teman- temannya.

"Saya menyukainya, saya juga suka robot avatarnya," kata salah seorang siswa bernama Noah Kuessner.


TAGS:

Berita Terbaru