Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Permudah Pengembangan Produk Unggulan Daerah

  • Oleh Naco
  • 15 Januari 2022 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Bapemperda DPRD Kotawaringin Timur, Muhammad Kurniawan Anwar menyebutkan pengembangan produk unggulan daerah harus dipermudah.

Saat ini kata dia Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kotawaringin Timur  tengah membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengembangan Produk Unggulan Daerah.

Di mana salah satu tujuannya memudahkan pengembangan produk unggulan untuk mendorong perekonomian, khususnya ekonomi kerakyatan.

Tujuannya reparda ini kata dia untuk memudahkan pemerintah dalam mendukung pengembangan produk unggulan tersebut.

"DPRD berinisiatif mengajukan raperda tersebut agar ada dasar hukum dan regulasi yang secara khusus mengatur tentang produk unggulan daerah," katanya Sabtu,  15 Januari 2022.

Ini juga menjadi dasar agar pemerintah daerah bisa lebih banyak terlibat dalam membantu pengembangan produk-produk unggulan daerah. 

Hal ini juga kata dia berkaca pada salah satu program prioritas pembangunan berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Kotim Nomor 4 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2021- 2026 adalah penguatan ekonomi masyarakat. 

Salah satu program pembangunannya adalah pengembangan komoditas unggulan dengan mengarah pada konsep satu desa dengan satu produk unggulan. 

Beberapa produk unggulan Kotawaringin Timur diantaranya karet, rotan, sawit, nanas, kelapa, perikanan dan lainnya. Potensi lahan pertanian di daerah ini juga masih cukup luas.

Menurutnya, sangat diperlukan ketepatan pengembangan komoditas pertanian dan baik pilihan wilayah maupun jenis tanamannya. Untuk itu penataan wilayah pengembangan komoditas merupakan langkah yang dapat diambil.

Di mana penentuan wilayah ini akan memberikan gambaran kawasan mana yang akan dikembangkan dan jenis tanamannya sehingga keterkaitan secara ekonomis dengan kawasan pengembangan lebih jelas.

Berita Terbaru