Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemda Maksimalkan Anggaran Untuk Perbaikan Infrastruktur

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Januari 2022 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta kepada pemda supaya dapat memaksimalkan penggunaan anggaran yang ada untuk perbaikan sejumlah infrastruktur jalan rusak, terutama yang diakibatkan bencana alam, seperti halnya jalan Kasongan-Kereng Pangi yang rusak akibat banjir.

Dia mengatakan mengenai ruas jalan Kasongan-Kereng Pangi tersebut, untuk penanganan cepat semestinya sudah ada usulan dari pemerintah baik provinsi maupun kabupaten, supaya penanganan jalan itu menggunakan dana atau anggaran bencana.

"Kalau ruas jalan itu memang jalan negara, tentu sudah pasti menjadi tugas pemerintah pusat. Seharusnya usulan dari bawah itu ada, dari kabupaten maupun provinsi, dan penanganannya bisa menggunakan dana bencana. Biasanya penggunaan dana tersebut tidak melihat status. Saya kurang mengetahui apakah langkah ini sudah dilakukan apa belum," ucapnya, Sabtu, 15 Januari 2022.

Sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng mengatkan telah mengajukan usulan pembangunan pile slab di ruas Kasongan-Kerang Pangi. Akan tetapi Duwel menilai usulan itu perlu dipertimbangkan lebih lanjut sebelum dilaksanakan.

Disebutkannya bahwa, pemerintah perlu melakukan perhitungan secara terperinci. Sebab, masih banyak alternatif lain, dalam menyelesaikan permasalahan jalan Kasongan-Kereng Pangi yang kerap kali terendam banjir.

"Kalau untuk pile slab, memang memungkinkan untuk dibangun, di sisi lain pasti biayanya besar. Jadi harus ada perhitungan yang lebih terperinci. Apakah pile slab itu lebih efisien atau murah dibanding alternatif lain, seperti contohnya membangun jalur baru. Kalau secara teknis, tentu jalur tersebut sudah dialihkan karena rawan bencana," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru