Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Kuala Kapuas Terus Tingkatkan Keamanan, Ini yang Dilakukan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Januari 2022 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas Il B Kuala Kapuas terus melakukan peningkatan keamanan di lingkungan Rutan setempat.

Diantaranya dengan melakukan penambahan pemasangan kawat berduri kurang lebih sepanjang 2 meter untuk meningkatkan keamanan dalam penjagaan khususnya di Rutan Kapuas.

Kepala Subseksi Kesatuan Pengamanan Rutan Kuala Kapuas, Julianoor mengatakan, kiranya pemasangan kawat berduri ini dapat mencegah WBP yang mencoba untuk melakukan pelarian.

"Serta dapat meningkatkan keamanan dalam proses penjagaan dan pengawasan, intinya pemasangan kawat berduri ini membantu petugas dalam bekerja," kata Julianoor, Sabtu 15 Januari 2022.

Disebutkannya dalam pemasangan kawat berduri ini difokuskan pada tembok di sebelah ruang Bimbingan Kerja (Bimker).


Adapun pemasangan kawat ini dikerjakan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berstatus sebagai Tahanan Pendamping (Tamping) agar mengurangi resiko pemasangan yang kurang bagus. Tetapi, meski kawat ini dipasang oleh Tamping, kegiatan ini juga diawasi oleh salah satu petugas Rutan.

Tamping yang mengerjakan pemasangan kawat ini sebanyak 2 orang. "Untuk mempekerjakan Tamping juga tidak sembarangan, tapi mereka memang diakui memiliki skill dalam pekerjaan sejenis ini," jelasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru